Selasa, 11 Oktober 2011

Aku adalah seorang perawat dari desa kecil yang telah bekerja selama 8 tahun kurang lebih.Selama ini adalah keinginan terbesarku untuk melanjutkan sekolah lagi,maklumlah aku perawat tamatan SPK dan di zaman yang maju sekarang ini sekolah wajib hukumnya bagi semua orang termasuk perawat.Tidaklah mudah bagiku untuk bisa melanjutkan kuliah lagi,banyak hal yang harus ku pertimbangkan,dari hal persyaratan yang cukup membuat pusing samapai urusan dengan keluarga,apalagi aku sudah memiliki anak yang masih kecil-kecil.Setelah melalui urusan yang panjang dan bertele-tele akhirnya pada bulan Agustus 2009 aku di terima di salah satu Fakultas negeri di kota Palangka Raya namun aku harus menerima keadaan bila aku hanya sendirian yang mendaftar masuk dari jalur khusus kepegawaian....
Aku di ijinkan masuk kuliah dengan mereka yang tamatan SMU dan wajib mengikuti 6 semester untuk jenjang D III padahal bila aku masuk di kelas khusus kepegawaian aku hanya perlu mengambil 5 semester.Hal ini menimbulkan tanya di hatiku mengapa minat teman-teman sejawatku untuk sekolah lagi begitu minim.Walaupun persyaratan untuk sekolah lagi tidak mudah namun tetap mungkin di ikuti dan pemerintah telah menyediakan dana khusus untuk praktisi kesehatan khususnya perawat untuk sekolah lagi melalui dinas kesehatan masing-masing di Propinsi atau Kabupaten.
Pernah aku mengajak teman-temanku untuk sama-sama mendaftar sekolah namun mereka menolak dengan berbagai alasan.Karena keluarga,bisnis,tidak berminat dan sebagainya itulah alasan mereka,namun yang paling menyedihkan adalah jawaban salah satu teman sejawatku "buat apa sekolah lagi?toh kita sudah punya gaji dan tunjangan yang cukup...katanya.
Kawan.....Bila hanya gaji yang jadi acuanmu untuk bekerja di masyarakat maka betul adanya jawabmu namun  bukankah kita punya tanggung jawab ke pada masyarakat..bila perawat yang melayaninya kurang (kurang tahu tentang teori,praktek dan skill) bagaimana kita bisa  melayani masyarakat ? Masyarakat menaruh harapan kepada kita baik ketika sakit atau ketika sehat dan semua hal itu memerlukan pengetahuan.Zaman semakin maju dan pengetahuan semakin meningkat tentu saja kita harus mengikuti perkembangan ini bila kita ingin tetap menjadi perawat yang kompeten...Memang ilmu bukan hanya di sekolah saja,banyak pengalaman dan majunya tehnologi elektronik serta bertebarannya buku-buku bermutu sekarang ini dapat menjadi guru yang tak kenal lelah bahkan tak ada ancaman tidak lulus bila kita tidak tekun namun alangkah baiknya bila ada kesempatan kita sekolah karena tidak bisa di pungkiri sekolah memang penting,kalau tidak pasti sekolah sudah di tutup sejak dulu oleh pemerintah kan....salam kenal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar